1.
Salah satu contoh wujud akulturasi
kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan
Hindu-Budha di bidang seni bangunan
antara lain ...
a.
candi
b.
waruga
c.
dolmen
d.
lingga
e.
yoni
2.
Diciptakannya sistem kasta dalam masyarakat
Hindu sebetulnya merupakan upaya ..
a.
bangsa Arya untuk mengintegrasikan diri dengan
bangsa Dravida
b.
bangsa Nubia merebut dominasi bangsa Arya atas
Hindustan
c.
bangsa Dravida untuk menjaga kemurnian ras-nya
d.
bangsa Arya untuk mempertahankan kemurnian
rasnya
e.
bangsa Arya dan Dravida untuk memurnikan ajaran
Samsara
3.
Adanya sekelompok orang yang melarikan diri dari
India karena dikalahkan dalam perebutan kekuasaan di kerajaan dan kemudian
mendirikan kerajaan di Indonesia adalah teori yang menjelaskan masuknya agama
Hindu, yang dikenal sebagai teori ....
a.
Arus balik
b.
waisya
c.
asimilasi
d.
brahmana
e.
ksatria
4.
Contoh dari adanya akulturasi antara agama dan
kebudayaan Budha dengan kebudayaan lokal Indonesia adalah dalam seni bangunan
yang ditunjukkan pada bangunan ....
a.
candi Prambanan
b.
candi Mendut
c.
candi Borobudur
d.
candi Dieng
e.
candi Jago
5.
Proses Hinduisasi melahirkan aturan pembagian
kasta. Aturan kasta tersebut tidak banyak mempengaruhi tata kehidupan di daerah
Indonesia di pedesaan sebab ….
a.
masyarakat di daerah pedesaan tetap hidup
berdasarkan asas kekeluargaan, gotong-royong, musyawarah, dan mufakat
b.
masyarakat di daerah pedesaan hidup berdasarkan
kasta
c.
masyarakat di daerah pedesaan hidup menurut pola
kepribadian budaya bangsa sendiri
d.
masyarakat di pedesaan tidak terpengaruh
kebudayaan Hindu-Buddha
e.
masyarakat di pedesaan memang berperan dalam
masuknya budaya India
6.
Persentuhan antara India dengan wilayah
Nusantara didorong oleh berbagai faktor, salah satu faktor yang paling penting
adalah ....
a.
banyak suku-suku bangsa di Nusantara yang
memiliki tradisi
b.
suku-suku bangsa yang bermukim di pesisir
sesungguhnya adalah perantau
c.
adanya angin musim barat dan timur yang
mendorong timbulnya pelayaran
d.
timbulnya hubungan dagang antara Cina dengan
India melalui jalur pelayaran
e.
timbulnya gangguan keamanan pada rute darat
jalur perdagangan antara Cina dengan India
7.
Teori Hinduisasi yang menggambarkan peran aktif
para pedagang dalam mengembangkan kebudayaan Hindu dan dibawa ke Indonesia,
termasuk ke dalam hipotesis/teori ....
a.
Sudra
b.
Waisya
c.
Kaum Brahmana
d.
Ksatria
e.
Arus Balik
8.
Proses penyebaran Islam secara intensif mulai
abad ke 15 menimbulkan perpaduan budaya, antara budaya asli dan budaya yang
dibawa Islam. Salah satu contohnya dalam seni bangunan ditunjukkan dalam gambar
berikut ini, yang menunjukkan menara dari mesjid ....
a.
Jogyakarta
b.
Demak
c.
Kudus
d.
Banten
e.
Ampel
|
9.
Perhatikan informasi berikut!
1)
Menciptakan tarikh Jawa
2)
Menciptakan Buku Filsafat Sastra Gending
3)
Mengirim pasukan untuk menyerang VOC di
Batavia tahun 1628 dan 1629
Penguasa
Mataram yang bertindak sesuai dengan informasi di atas adalah ....
a.
Sultan Agung
b.
Sultan Trenggono
c.
Sunan Amangkurat I
d.
Panembahan Senopati
e.
Sultan Hamengkubwono I
10.
Pemerintahan/Dinasti yang pernah berkuasa di
Kerajaan Mataram Kuno adalah ….
a.
Isana dan Rajasa
b.
Sanjaya dan Sailendra
c.
Rajasa dan Sanjaya
d.
Sailendra dan Isyana
e.
Sanjaya dan Isyana
11.
Hal berikut merupakan alasan agama Islam mudah
diterima oleh bangsa Indonesia, kecuali ....
a.
Islam bersifat universal dan dinamis
b.
Islam tidak mengenal kasta
c.
Sesuai dengan fitrah manusia
d.
sama dengan ajaran agama lain
e.
tidak adanya pemaksaan
12.
Orang Belanda pertama yang melakukan pelayaran
ke Indonesia dan mendarat di Banten adalah ...
a.
Cornelis de Houtman
b.
Johan van Oldenbarnevelt
c.
H.W. Daendels
d.
J. van den Bosch
e.
Baron van Hoevel
13.
Akibat di bidang politik dari sistem
imperialisme yang diterapkan oleh bangsa
Eropa di Indonesia adalah ...
a. kemajuan
kehidupan politik kerajaan nusantara
b.
runtuhnya sistem kerajaan
c.
tumbuhnya sistem demokratis
d.
memperkuat persekutuan antar kerajaan
e. mendorong
lahirnya Indonesia yang terintegrasi
14.
Pada tahun 1888 terjadi peristiwa pemberontakan
petani di Banten pimpinan KH.Wasid,
pernah dijadikan disertasi sejarah oleh Sartono Kartodirdjo. Peristiwa tersebut
terkenal dengan istilah ….
a.
Geger Banten
b.
Geger Cilegon
c.
Geger Serang
d.
Geger Cikandi
e.
Geger Pontang
15.
Yang dimaksud kolonialisme adalah ...
a.
paham mengenai penjajah
b.
paham alih kewargahegaraan
c.
paham dalam perekononiian
d.
paham pengusahaan kcmanusiaan
e.
paham kepemilikan
16.
Kisah penderitaan petani Banten pada masa
kolonial Belanda ditulis oleh Eduard Douwes Dekker dengan judul ….
a.
Max Havelaar
b.
Multatuli
c.
Kultuur Stelsel
d.
Preanger Stelsel
e.
Agrarischewet
17.
Motivasi kedatangan bangsa Eropa ke dunia Timur
dapat diungkapkan melalui slogan berikut ini ....
a.
Vini, Vidi, Vici
b.
Liberte, Egalitee Franternite
c.
Gold, Gospel, Glory
d.
Kolonialisme, Impcrialisme, Monopolisme
e.
Devide et Impera, Pak Nerlandica
18.
Di masa penjajahan bangsa-bangsa Asing di
Indonesia, banyak terjadi pengerahan masa sebagai pekerja paksa sehingga
menyengsarakan rakyat Indonesia. Salah satu istilah kerja paksa pada masa
pendudukan Jepang di Indonesia ialah ….
a.
Rodi
b.
Romusha
c.
Geisha
d.
Jughun Ianfu
e.
Heiho
19.
Sebagai akibat merkantilisme maka muncullah
kolonialisme, yang di Indonesia terjadinya ditandai dengan peristiwa ....
a.
runtuhnya kerajaan Majapahit
b.
jatuhnya Malaka ke tangan Portugis
c.
kedatangan armada Portugis di Maluku
d.
pertemuan armada Portugis dan Spanyol di
Halmahera
e.
pendaratan Cornelis de Houtman di Banten
20.
Beberapa faktor bangsa Eropa melakukan pelayanan
ke dunia Timur di bawah ini, kecuali …
a.
diciptakannya kompas sebagai penunjuk arah
b.
adanya teori dari Paus bahwa bumi itu datar
c.
maju dan berkembangnya ilmu perbintangan dan
cuaca
d.
jatuhnya Constantinopel ke tangan Islam
Turki
e.
ditemukannya jalur pelayaran ke Asia oleh Vasco
da Gama
21.
Salah satu penyebab berkembangnya pelabuhan
Banten, Makasar, dan Aceh adalah karena adanya peristiwa ....
a.
persaingan Banten dan Pakuan Pajajaran
b.
jatuhnya Sunda Kelapa ke tangan Belanda
c.
jatuhnya Malaka ke tangan Portugis tahun 1511
d.
persaingan dagang antara Aceh dengan Malaka
e.
persaingan dagang Aceh dengan Portugis
22.
Orang Belanda pertama yang melakukan pelayaran ke
Indonesia dan mendarat di Banten adalah Cornelis de Houtman, peristiwa ini
terjadi pada masa pemerintahan Sultan ….
a.
Maulana Hasanuddin
b.
Maulana Yusuf
c.
Maulana Muhammad
d.
Abul Mufakhir MahmudAbdul Kadir
e.
Abul Fath Abdul Fattah
23.
Alasan kerajaan Pajajaran meminta bantuan
Portugis ...
a.
Pajajaran hendak meluaskan wilayahnya ke
Demak
b.
Pajajaran ingin menyatakan kerajaan Hindu di
Nusantara
c.
Pajajaran mendapat ancaman dari Malaka
d.
Pajajaran ingin menguasai Malaka
e.
Pejajaran merasa khawatir akalau Demak menguasai
Sunda Kelapa
24.
Dalam rangka mempertahankan pulau Jawa dari
tangan Inggris, Herman Williem Daendels melakukan …
a.
mendirikan VOC
b.
adanya tanam paksa
c.
pelayaran Dewa (Hongi Toohten)
d.
membangun jalan Anyer-Panarukan
e.
kontingenten (kewajiban rakyat membayar pajak)
25.
Beberapa sebab kemunduran VOC di bawah ini,
kecuali….
a.
adanya persaingan sesama pedagang Eropa
b.
banyaknya pegawai VOC yang korupsi
c.
para deviden yang memiliki saham mengalami
keuntungan
d.
adanya biaya perang yang terlalu tinggi
e.
perlunya biaya dalam meluaskan VOC
26.
Karakteristik masyarakat Banten yang berbeda
dengan masyarakat Indonesia, membuat Herman William Daendels melakukan tindakan
yang berbeda pula terhadap ke-Sultanan Banten, yaitu dengan cara ….
a.
Menangkap sultan Haji
b.
Menangkap sultan Ageng Tirtayasa
c.
Menangkap sultan Hasanuddin
d.
Menghancurkan pelabuhan Banten
e.
Menghancurkan keraton Surosowan
27.
Perlawanan rakyat Banten terhadap Belanda
semakin meningkat pada tahun 1651, di bawah pimpinan ….
a.
Hasanuddin
b.
Sultan Ageng Tirtayasa
c.
Sultan Agung
d.
Sultan Hairun
e.
Sultan Iskandar Muda
28.
Ditetapkannya kebijakan sistem tanam paksa
sebagai gagasan dari Johanes van den Bosch dan secara umum diterapkan di Pulau
Jawa dilatarbelakangi oleh berikut di bawah ini, kecuali ....
a.
pemisahan diri dari Belgia tahun 1830
b.
peperangan melawan Diponegoro
c.
tersendatnya pelaksanaan sistem pajak tanah
d.
sistem perdagangan yang tidak berjalan
sepenuhnya
e.
beban hutang yang ditinggalkan VOC
29.
Di bawah ini beberapa hal yang dianggap positif
dari tindakan Rafles ketika berkuasa di Pulau Jawa dan sekitarnya, kecuali ....
a.
dihapuskannya perbudakan
b.
menghapus pelayanan Hongi
c.
dihapuskannya pembayaran pajak hasil bumi
d.
melaksanakan Landrete Stelsel
e.
menghapuskan sewa tanah
30.
Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan
sistem tanam paksa dan politik ekonomi liberal bagi rakyat Indonesia ....
a.
rakyat pribumi mengenal ekonomi uang dan
berperan serta dalam proses ekonomi dan industrialisasi
b.
timbulnya golongan baru dalam masyarakat
berdasarkan spesialisasi dan diferensiasi dalam bidang ekonomi
c.
merosotnya tingkat kesejahteraan rakyat dan
menguatnya struktur masyarakat yang feodalistis
d.
eksploitasi ekonomi secara besar-besaran telah
melemahkan sendi ekonomi, sosial dan budaya masyarakat
e.
munculnya kelompok baru yang bersifat lebih
intelek dalam masyarakat
31.
Kebijakan politik etis melalui edukasi
menimbulkan berbagai dampak bagi masyarakat pribumi. Dampak yang paling penting
ialah ....
a.
menggerakkan desentralisasi pemerintahan
b.
munculnya golongan terpelajar dalam masyarakat
pribumi
c.
penghapusan stratifikasi sosial dalam masyarakat
d.
mempercepat program industrialisasi di Pulau
Jawa
e.
tersedianya pegawai pribumi yang terdidik guna
keperluan pemerintahan colonial
32.
Salah satu bukti pernah dilaksanakannya Trilogi
Van Deventer di daerah Banten dalam bidang irigasi dan masih ada hingga
sekarang adalah ….
a.
Waduk Tasikardi
b.
Waduk Jatiluhur
c.
Daerah Tirtayasa
d.
Bendungan Pamarayan
e.
Bendungan situ Gintung
33.
Ketaatan dan kesetiaan seseorang yang harus
diserahkan kepada bangsa dan negaranya merupakan pengertian dari ....
a.
demokrasi
b.
kapitalisme
c.
nasionalisme
d.
sosialisme
e.
liberalism
34.
Perhatikan informasi berikut!
1)
Kemenangan Jepang atas Rusia
2)
Lahirnya Cerdik Cendekiawan
3)
Gerakan Turki Muda
4)
Adanya penderitaan akibat penjajahan
Berdasarkan informasi di atas yang
termasuk pengaruh intern (faktor dari dalam) bangkitnya nasionalisme Indonesia
adalah nomor ....
a.
1 dan 2
b.
2 dan 4
c.
3 dan 4
d.
1,2 dan 3
e.
1,2,dan 4
35.
Kesadaran kebangkitan Indonesia dalam masa
pergerakan nasional sangat jelas terlihat pada ….
a.
Partai Nasional Indonesia
b.
Sumpah Pemuda
c.
Perhimpunan Indonesia
d.
Gabungan Politik Indonesia
e.
Kongres Pemuda
36.
Budi Utomo disebut sebagai organisasi pelopor
Pergerakan Nasional, karena ....
a.
Corak perjuangannya terorganisir dan sistematis
b.
Kesadaran nasional tokoh-tokohnya sangat tinggi
c.
Bersifat kompromi dengan kaum penjajah
d.
Organisasinya didirikan oleh kaum terpelajar
e.
Jasanya besar terhadap kemajuan politik
Indonesia
37.
Salah satu bentuk mulai lunturnya nilai-nilai
Sumpah Pemuda pada saat ini adalah ….
a.
pergaulan bebas dikalangan pemuda
b.
terjadinya tawuran dikalangan pelajar
c.
munculnya tindak kriminal
d.
adanya demo kaum buruh
e.
penggunaan bahasa gaul dikalangan pemuda
38.
Dalam perjuangannya berbagai organisasi
pergerakan nasional menempuh caranya sendiri sehingga bersifat moderat atau
radikal. Semboyan Indie voor Indiers menjadikannya organisasi yang bersifat
nasionalisme radikal dan diwaspadai oleh pemerintah kolonial. Organisasi
tersebut adalah ...
a.
Indische Partij
b.
Tri Koro Darmo
c.
Sarekat Islam
d.
Jong Java
e.
Partai Nasional Indonesia
39.
Gambar yang ditunjukkan dalam soal ini
menunjukkan foto tokoh dari salah satu organisasi pergerakan nasional yang
dianggap penting dalam sejarah Indonesia. Tokoh yang duduk di bagian tengah
adalah ....
a.
Tjipto Mangunkusumo
b.
E.F.E Douwes Dekker
c.
Suwardi Surjaningrat
d.
Iwa Kusumasumantri
e.
Mohammad Hatta
|
40.
Perubahan sikap menjadi nonkooperasi dan
bercita-cita memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui pergerakan nasional
diilhami dan dipengaruhi oleh manifesto (pernyataan) yang dikeluarkan pada
tahun 1925 ....
a.
Taman Siswa
b.
Indische Partij
c.
Partai Indonesia Raya
d.
Perhimpunan Indonesia
e.
Partai Nasional Indonesia
41.
Keputusan Kongres Pemuda II yang diambil pada
bulan Oktober 1928 bersifat penting oleh karena ....
a.
gerakan pemuda bersifat radikal dan revolusioner
b.
kaum pemuda menjadi pelopor dalam pergerakan nasional
c.
menghapuskan organisasi pemuda yang bersifat
kedaerahan
d.
munculnya kesadaran bersatu yang dipelopori kaum
pemuda
e.
melebur semua perbedaan untuk mencapai Indonesia
merdeka
42.
Keberadaan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di
Indonesia sudah ada sejak masa kolonial, yang lebih dikenal sebagai ….
a.
Volksraad
b.
Vaderlandse Club
c.
STOVIA
d.
Inlanderse Club
e.
Parliement
43.
Pidato pembelaan Bung Karno yang menghebohkan
pemerintah kolonial Belanda di Indonesia, lebih dikenal dengan istilah ….
a.
Penemuan revolusi kembali
b.
Penemuan Dunia baru
c.
Indonesia menggugat
d.
Indonesia Raya
e.
Andaikan aku seorang Belanda
44.
Perluasan aktivitas ekonomi pemerintah kolonial
dengan tujuan meningkatkan pendapatan negara induk ditandai dengan kebijakan
....
a.
politik etis
b.
politik ekonomi liberal
c.
cultur stelsel
d.
landreform tanah
e.
penyerahan wajib dan rodi
45.
Perubahan sistem perekonomian di negeri induk
terjadi pada tahun 1850 yang ditandai dengan liberalisasi ekonomi. Perubahan
ini dipengaruhi oleh meluasnya liberalisme yang diinspirasikan oleh ….
a.
pembulatan kekuasaan Inggeris di India
b.
pembentukan Republik Perancis menggantikan
sistem monarki dinasti Bourbon
c.
penemuan-penemuan teknologi dan industri di
Inggeris
d.
pembukaan Terusan Suez oleh Ferdinand de Lesseps
e.
revolusi Prancis dan revolusi industri
46.
Di bawah ini yang bukan merupakan organisasi pergerakan
di bidang politik yang menggunakan strategi perjuangan radikal non kooperatif
....
a.
Partai Nasional Indonesia
b.
Partai Komunis Indonesia
c.
Perhimpunan Indonesia
d.
Partai Indonesia Raya
e.
Indische Partai
47.
Lembaga pendidikan yang mengajarkan Nasionalisme
pada masa Pergerakan adalah ....
a.
Taman Istri
b.
Muhammaddiyah
c.
Adhi Dharma
d.
Keutamaan Istri
e.
Taman Siswa
48.
Dampak pendudukan Jepang atas Indonesia,
terutama bagi organisasi Pergerakan
Nasional Indonesia, yaitu ...
a.
semakin longgarnya aktivitas organisasi
pergerakan
b.
menambah tebalnya semangat anti Belanda
c.
pembubaran semua organisasi Pergerakan Nasional
d.
menghapus organisasi Pergerakan Islam
e.
mcmbubarkan organisasi yang bercorak komunis
49.
Bentuk perlawanan tentara PETA di Banten adalah
terjadi di daerah Tangerang Selatan yang dipimpin oleh Mayor Daan Mogot,
peristiwa tersebut lebih dikenal sebagai ….
a.
Peristiwa Lengkong
b.
Geger Serpong
c.
Peristiwa situ Gintung
d.
Geger Benteng
e.
Tragedi Cipondoh
50.
Salah satu faktor Penyebab perlawanan K.H.
Zaenal Mustofa dari Singaparna tahun 1944 terhadap Jepang dikarenakan tindakan
yang sangat menyakitkan bangsa Indonesia adalah ....
a.
rakyat melakukan upacara seikerei
b.
menyerahkan seluruh harta benda rakyat ke koperasi
c.
melakukan ibadah menurut kepercayaan asli bangsa
Jepang
d.
berbahasa dan menggunakan tulisan Jepang
e.
wajib melakukan kerja paksa dan Romusha
51.
Secara kronologis (berurut) peristiwa-peristiwa
penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ....
a.
terbentuknya BPUPKI → pembentukan PPKI → perumusan
teks proklamasi → peristiwa Rengasdengklok.
b.
kekalahan Jepang → kemenangan sekutu →
lahirnya gerakan Pemuda revolusioner
c.
Pergantian BPUPKI menjadi PPKI → pemanggilan Ir.
Soekarno - Hatta ke Saigon → peristiwa Rengasdengklok → perumusan teks proklamasi.
d.
d. Peristiwa
Rengasdengklok → pengangkatan ketua PPKI
→ pembentukan KNIP
e.
pembentukan BPUPKI → pembentukan PPKI →pembentukan
PETA
52.
Dampak positif pelaksanaan politik Etis yang mendorong
lahirnya pergerakan nasional adalah bidang …
a.
irigasi
b.
edukasi
c.
administrasi
d.
transmigrasi
e.
emansipasi
53.
Poiitik Etis telah membawa kemajuan dalam bidang
pendidikan mendorong tumbuhnya pergerakan nasional adalah gagasan dari ...
a.
Van de Venter
b.
Baron van Hoevel
c.
Edwar Dowes Decker
d.
Johan van Oldenbarnevelt
e.
Bronsh
54.
Pada saat Jepang pertama kali masuk Ke Indonesia
banyak melakukan pengerahan massa melalui berbagai organisasi. Salah satunya
Gerakan 3-A yang dipimpin oleh ….
a.
Ir. Sukarno
b.
Drs. Mochammad Hatta
c.
Amir Syarifuddin
d.
Mr. Syamsudin
e.
K.H. Mas Mansyur
55.
Motif utama yang mendasari pendudukan militer
Jepang atas Indonesia adalah berupa ....
a.
membentuk persemakmuran Asia Timur Raya yang
dipimpin Jepang
b.
membebaskan bangsa-bangsa Asia dari imperialisme
Barat
c.
sikap superior karena asal usul dan hak istimewa
Jepang
d.
kebutuhan bahan baku bagi industri Jepang
e.
perlunya ruangan hidup yang lebih luas
56.
Dalam rangka menegakkan kekuasaannya di
Indonesia, pemerintah pendudukan Jepang mengeluarkan berbagai kebijakan. Salah
satu kebijakan yang dikeluarkan di bidang politik adalah ....
a.
mewajibkan penggunaan bahasa Jepang
b.
melarang penerbitan pers yang menggunakan bahasa
Indonesia
c.
menangkap para pemimpin pergerakan nasional dan
menjatuhkan vonis diasingkan
d.
melarang keberadaan organisasi yang tidak
sehaluan dengan Jepang
e.
membentuk pemerintahan militer di daerah-daerah
di bawah komando angkatan darat
57.
Berikut di bawah ini merupakan sisi positif dari
pendudukan militer Jepang di Indonesia, kecuali ...
a.
pengerahan tenaga manusia yang berlebihan
b.
meluasnya penggunaan bahasa Indonesia
c.
menebalnya rasa patriotisme rakyat
d.
terbukanya isolasi daerah pedesaan
e.
keikutsertaan dalam pemerintahan
58.
Jepang bersikap longgar terhadap umat Islam
Indonesia, sebab ....
a.
masyarakat Islam Indonesia bersikap antibarat
b.
agama Islam dipandang sejalan dengan ajaran
Shintoisme
c.
mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam
d.
agama Islam dianut oleh seluruh bangsa Indonesia
e.
Jepang tertarik dengan agama Islam
59.
UUD 1945 disahkan menjadi konstitusi Indonesia
pada awal kemerdekan Negara ini, dilakukan oleh lembaga ....
a.
Volskraad
b.
Jawa hokokai
c.
Cou Sangi In
d.
Dokuritsu Jumbi Inkai
e.
Dokuritsu Jumbi Coosakai
60.
Lagu Indonesia Raya karangan WR. Supratman,
pertama kali dikumandangkan pada tanggal….
a.
20 Mei 1908
b.
2 Mei 1928
c.
28 Oktober 1928
d.
17 Agustus 1945
e.
Setiap hari Senin
4 komentar:
Assalamualaikum
Pak mau nanya, soal buat remedial sejarah kelas 11 ipa yang ini bukan?
Yoks
Butuh jawaban anjing
Yuoksss
Posting Komentar